Tips Bermain Mobile Legends Bagi Pemula Part 1


Siapa yang tidak kenal dengan game mobile dengan genre MOBA yang satu ini. Mobile Legends Bang Bang sudah menjadi game dengan pemain sangat banyak terutama di Indonesia. Meski dengan banyak permasalahan klasik seperti lag, bug, nerfhero yang katanya berlebihan dan lainnya tapi tidak menurunkan minat para pemain setianya.

Postingan kali ini akan membahas tentang tips bermain Mobile Legends bagi para pemula/newbie yang baru bermain atau bahkan baru mengenal genre MOBA. Tips ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi dalam bermain Mobile Legends. Berikut beberapa tipsnya


  • Jangan terfokus bermain role Maksman


Apa itu Maksman ? Marksman adalah tipe hero yang memiliki damage yang tinggi dan juga jarak serang yang jauh. Istilahnya seperti penembak dalam dunia nyata.

Saat pertama bermain kita memang dipaksa bermain menggunakan hero Layla bertipe MM (Maksman). Perlu kalian ketahui meski dalam pemakaiannya mudah tapi hero dengan tipe MM seperti Layla ini tugasnya sangat berat. Ketika tank menerima semua damage yang diberikan musuh, maka MM yang berada di belakang lah yang bertugas untuk membunuh/kill musuh. Kegagalan MM dalam kill/memberikan damage bisa menjadi kemungkinan kalah menjadi sangat besar.

“Kalau begitu semua pakai MM aja. Biar damage nya besar”

Eets. Tunggu dulu, game MOBA tidak sesederhana itu kawan. Ada banyak role hero yang diberikan di dalam game tentu punya tujuan tersendiri dan MM juga bukan hanya masalah kill. Misalkan tank, tugasnya berada paling depan, menjadi pelindung hero lain. Atau mage, tugasnya untuk disable (freeze/stun dll). MM untuk memberikan damage pada musuh, agar figther/assasin bisa kill. Jadi jika semua tim pakai MM siapa yang jadi tameng ? Siapa yang disable musuh ?

Kebanyakan pemain baru/pemula suka sekali menggunakan hero role MM seperti Layla atau Miya karena kemudahan dalam memainkannya. Namun Layla sendiri punya kelemahan yaitu tidak ada nya skill untuk “kabur” seperti stun/berpindah tempat/menghilang sperti ulti Miya. Jadi Layla menjadi target empuk Fighter musuh.

Saya sendiri cukup menyayangkan ketika di awal pada tutorial game kita diperkenalkan dengan hanya hero bertipe MM. Seandainya pada awal game kita dipaksa memakai hero yang lain jadi player tidak terpaku hanya pada satu hero.

Intinya cobalah semua hero agar tau bagaimana cara permainannya, cobalah untuk mencoba hero lain selain MM, baik itu mage, figther,assasin atau kalau perlu tank, karena tank tidak terlalu banyak peminatnya. Untuk mencoba hero kalian cukup berlatih di Mode VS AI tidak disarankan di Classic/Rank karena akan mempengaruhi Win Rate kalian. Pelajari cara bermain dengan melihat permainan Pro di Youtube.


  • Sering melihat mini map

Hal yang sangat penting dan sering sekali terlupakan. Game telah menyediakan sebuah mini map bukan untuk menjadi pajangan. Bermain Mobile Legends sama seperti bermain catur. Bukan hanya strategi tim, melainkan strategi musuh juga perlu diperhatikan.

Bagaimana cara melihat arah permainan musuh ? sering-seringlah melihat mini map, maka maka kamu akan tahu kemana pergerakan musuh, kemana tim mu bergerak, turret (tower) mana yang sedang diserang dan mana temanmu yang butuh bantuan.

Untuk melatih ini, kalian harus benar-benar membiasakannya. Kalau perlu latih beberapa detik saat hit minion/saat jalan coba untuk sambil melihat map. kan pas hit minion itu otomatis hit, mending lihat map daripada lihatin minion :D


  • Bersabar

Pemain pemula berpikir bahwa semakin banyak kill maka otomatis menang. Pemikiran ini memang ada benarnya, tapi faktanya seperti apa ? karena nafsu untuk kill malah sebaliknya, banyak mati nya. Terus kalau banyak mati siapa yang untung ? Jelas musuh mendapatkan keuntungan karena EXP dan Gold bertambah. 

Kunci dalam bermain game Mobile Legends ini adalah sabar, gunakan waktu untuk kill minion dan monster hutan untuk menaikkan level dan gold. Jika level tinggi kemudian item telah dibeli maka damage dan pertahanan menjadi lebih bagus. Karena kill dan MVP tidak akan artinya jika hasilnya adalah DEFEAT (KALAH).  kalian tidak perlu sampai masuk ke tower musuh dan mati hanya untuk mendapatkan kill. Perhitungkan semua kemungkinan. Bila kalian solo push tower lihat map sedang dimana musuh, sedang kemana tim mu bergerak. Jika keadaaan kemungkinan kalian terciduk saat push tower, maka tidak usah dipaksakan. Bersabar dan lebih baik bantu teman mu jika dilihat dengan kewalahan. Bertahan dulu jika 1 va 2 atau 1 vs 3, memaksakannya hanya akan menjadikan keuntungan bagi musuh.

  • Formasi, Strategi dan Kerjasama 

Mobile Legends dapat dimainkan 5 vs 5 maka sudah jelas game ini mengandalkan kerjasama tim. Kill sebanyak apapun tapi tidak ada kerjasama maka kesempatan menang akan turun drastis. Kita harus paham dan mengerti keadaan. Saat teman mu kewalahan bertahan jangan seegoisnya maju dan push tower, atau misalkan nafsu kill main solo tanpa perhitungan.

Gunakan lah fitur tombol attack, gather/backup (bantuan) dan retreat(mundur) yang sudah disediakan untuk mengatur strategi. Kalau misalkan memadai bisa gunakan fitur chat pada game, atau bagusnya bermain dengan teman jadi mudah untuk mengatur strategi.

Dan terakhir adalah formasi. Terdapat 3 lane (jalur) tengah (mid), atas(top) dan bawah(bottom) dalam game yang mana kebiasaan pemain pemula hanya berfokus pada 1 jalur tengah saja yang menjadikan jalur atas dan bawah menjadi rapuh dan mudah dihancurkan. Kalian bisa menggunakan formasi 1 3 1 (1 atas 3 tengah 1 bawah) atau 2 1 2 biarkan MM leveling terlebih dahulu aga damagenya sakit. Tapi formasi Ini bukanlah hal yang baku artinya dalam pertandingan ada kala nya musuh berfokus pada jalur atas atau bawah. Dan jika ada kejadian kalian yang 1 vs 2 atau 1 vs 3 maka segeralah meminta bantuan (gunakan tombol gather/backup). Jangan pernah coba untuk maju/melawan nya sendiri lebih baik berhati-hati dan menunggu bantuan datang.

  • Mengerti peran Hero
Pernah lihat pemain player auto pick MM secepat kilat dan bilang “Saya butuh Tank” ?
Kalau ingin menang cobalah untuk belajar memahami cara permaianan hero yang kita pakai. Jika sudah ada yang Pick hero MM, maka jangan lagi pick MM. Karena idealnya dalam 1 tim hanya perlu 1 MM.

Dalam permainan ideal nya : 1 MM, 2 Fighter/assasin, 1 Mage, 1 Tank. Atau MM, Figther, Mage, Support, Tank masing-masing 1.

Ini juga bukan aturan baku,tapi jika dalam tim ada 2 atau bahkan lebih MM maka keseimbangan tim akan sangat rentan, hanya mengandalkan damage tanpa pertahanan. Namun pick tank semua tanpa role lain juga menjadi masalah, pertahanan kuat namun damage kecil.

Seperti yang saya sebutkan pada poin pertama, jangan hanya bisa 1 role. Cobalah bermain dengan role lain. Lagi pula kalau main Mobile Legends Cuma bisa Layla apa serunya ? Karena percaya atau tidak saya sendiri sangat senang bila di tim musuh ada Layla, karena Layla target yang sangat empuk, tidak ada disable seperti stun/freeze/berpindah tempat. Bandingkan dengan role MM lain seperti Miya skill 3 nya menghilang sesaat, Clint dan Yi Shun Shin skill 2nya berpindah kebelakang untuk menghindari musuh atau untuk kabur.

Kita ambil contoh hero Karina (role Assasin), karina tidak diperbolehkan open war/berada dibaris depan. Kenapa ? Karena tugas nya ada Finishing, ketika sedang war maka Karina tunggu dulu sampai skill disable musuh seperti stun sudah dipakai baru Karina keluar dan kill. Tapi juga bukan berarti harus nafsu kill sampai dikejar ke dalam tower musuh.

Hero lain seperti Franco (role Tank). Franco harus ada dibaris depan saat war untuk menerima semua damage musuh, untuk itulah Tank di berikan HP dan armor agar tahan dalam menerima damage musuh. Tapi juga bukan berarti harus maju sendiri tanpa perhitungan.


Karena saya harus menjelaskan secara detail maka Tips lain akan saya bagikan lain waktu. Mohon Bersabar ya.
Yang ingin ditanyakan silahkan komentar, kalau saya bisa jawab akan saya jawab. Saya bukan pro, masuk Top Global saja tidak, saya juga bisa salah, jadi Mari belajar bersama.

Sumber gambar :google

Komentar